Wisuda secara Online, Mahasiswa FTIK Raih Wisudawan Terbaik IAIN Palopo

A da yang menarik dari wisuda tahun 2020, karena untuk pertama kalinya IAIN Palopo melaksanakan wisuda secara online. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag mengukuhkan 449 wisudawan, 394 program Sarjana serta 55 orang Pascasarjana secara daring melalui aplikasi zoom dan youtobe.

Kegiatan wisuda dilaksanakan di Auditorium Phinisi Sawerigading, dan secara online oleh peserta wisudawan. Wisuda kali ini menghadirkan Guru Besar Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag, M.Si yang membawakan orasi ilmiah bertemakan “Penguatan Karakter Entrepreneur Islam Era New Normal.”

Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag, M.Si menyampaikan bahwa, IAIN telah memberi bekal yang cukup pada lulusannya, dalam berbagai bidang untuk menjadikan lulusannya sebagai entrepreneur . Orang yang memiliki jiwa entrepreneur dipastikan dapat bertahan dalam kondisi apapun, karena mampu menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman.

Dikatakan Mujib, dari hasil penelitiannya, ada lima karakter bagi pribadi muslim yang unggul, yang disebut big five Islamic Personality, yakni sabar, mampu mengontrol diri, mahabbah (cinta), judd atau dermawan, takwa serta tawadhu (rendah hati).

“Dari kelima karakter ini, sabar merupakan karakter utama, karena sikap ini menjadi psikoterapi dari segala gangguan, baik fisik, psikis, sosial, maupun spritual, utamanya di masa Pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

IAIN Palopo terdiri dari 17 Prodi menyebar di empat fakultas program sarjana serta tiga prodi program pascasarjana. Kali ini,  wisudawan terbaik di tingkat universitas diraih oleh Varsella Aprilian Amrul, S.Pd asal Prodi S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan IPK 3,85/Cumlaude. (my/20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *